Uluwatu

Uluwatu

Uluwatu Jadi Destinasi Wisata Yang Selalu Andalan Bagi Bali
Bali memang sudah tak terbantahkan telah menjadi destinasi wisata dunia yang terkenal seantero dunia. Ada banyak tempat wisata yang ditawarkan oleh Pulau Dewata di Indonesia ini. Salah satunya adalah Uluwatu yang berada di ujung barat daya dari Bukit Peninsula, Bali.
Nama Uluwatu berasal dari kata ulu dan watu. Ulu adalah ujung dari tanah dan watu bermakna batu. Daya tarik utama yang ada di Uluwatu adalah pura Luhur Uluwatu. Ini adalah tempat ibadah yang sekaligus berfungsi sebagai tempat wisata.
Pura Uluwatu ini merupakan pura Sad Kahyangan Jagat yaitu dipercaya sebagai penyangga poros mata angin untuk Pulau Bali. Pura ini berada tepat di sebuah bukit karang dengan ketinggian sekitar 97 meter di atas permukaan air laut.
Inilah juga yang menyebabkan pemberian nama pura Uluwatu karena maknanya adalah pura yang berada di puncak batu karang atau di tebing. Suasana pura yang sacral dan religious amat terasa bagi setiap wisatawan yang berkunjung.

Transportasi Ke Uluwatu

Bali memang sudah dianggap sebagai pusat destinasi kelas dunia. Pemerintah di sana sangat mendukung keberadaan Bali ini, salah satu dukungan yang dapat dilihat adalah dari penyediaan sarana dan prasana yang memadai bagi para wisatawan yang datang.
Hal ini dapat pula dilihat dari kemudahan sarana transportasi yang disediakan di sana. Termasuk untuk menuju Uluwatu. Ada beberapa mode transportasi yang dapat diambil. Sebut saja yang pertama adalah dengan menggunakan mobil, baik itu mobil pribadi dan juga mobil sewaan. Di Bali pun terdapat perusahaan penyedia jasa penyewaan mobil pribadi.
Selain mobil, bus juga mengkover area Uluwatu. Salah satu jaringan bus yang bisa digunakan untuk sampai ke Uluwatu adalah Sarbagita yang menjadi jaringan bus dengan pengelola adalah pemerintah daerah Bali sendiri.
Tak hanya mobil dan bus, untuk sampai ke Uluwatu, taksi juga dapat digunakan. Sama halnya dengan mobil pribadi atau sewaan, keberadaan taksi menjadi mudah didapatkan karena sudah terdapat beberapa jaringan perusahaan taksi yang beroperasi di Bali. Semuanya memberikan kemudahan dalam akses transportasi untuk mencapai beberapa destinasi wisata yang ada di Bali, termasuk juga Uluwatu.
Lokasi Uluwatu berada di desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Dengan ketiga mode transportasi yang disebutkan di atas, untuk mencapai Uluwatu akan dibutuhkan waktu sekitar 1 jam saja dari bandara Internasional Ngurah Rai.

Daya Tarik Pura Luhur Uluwatu

Terdapat beberapa pura di Bali yang selain digunakan sebagai tempat ibadah juga difungsikan untuk menjadi objek wisata, sebut saja Pura di Tanah Lot, termasuk juga Pura Luhur Uluwatu ini serta sebenarnya ada beberapa pura yang lainnya.
Hanya saja, pura Uluwatu ini sedikit berbeda dengan Pura Tanah Lot dari aspek pemandangan yang ditawarkan. Di Uluwatu, para wisatawan akan disajikan dengan pemandangan luasnya hamparan laut Samudra Hindia yang diselingi dengan ombak yang menghantam kaki tebing. Pemandangan laut ini akan semakin tampak indah di kala matahari terbenam. Hal ini juga menjadi salah satu daya tarik utama yang ada di uluwatu.
Keindahan wisata lainnya yang ada di Uluwatu adalah pertunjukan tari tradisional Bali, yaitu Tari Kecak Bali. Memang di Uluwatu ini, terdapat pertunjukan tari Kecak yang dimainkan oleh sekitar 50 sampai 100 penari laki-laki. Mereka semua duduk melingkar dengan menggunakan pakaian kain sarung hitam dan putih.
Para penari laki-laki akan duduk mengitari seorang penari wanita utama yang berada di bagian tengah mereka. Keindahan Tari Kecak ini terdapat pada suara para penari laki-laki yang khas. Mereka meneriakan kata cak-cak-cak. Inilah yang menyebabkan tarian ini disebut dengan Tari Kecak. Tari ini pun juga menyajikan satu cerita tersendiri. Cerita yang banyak dibawakan pada pertunjukan tari Kecak ini adalah cerita Ramayana.
Untuk dapat melihat pertunjukan tari Kecak ini, maka haruslah mengetahui jadwal pertunjukannya. Biasanya sajian tari Kecak ini di Uluwatu ini dilakukan pada sore hari menjelang matahari terbenam, yaitu sekitar pukul 6 sore sampai 7 malam.
Selain itu, keberadaan Uluwatu yang berada di tanjung juga menjadi pemikat tersendiri. Uluwatu pun juga dikenal sebagai objek wisata untuk berselancar yang paling terkenal nomer empat di dunia. Ombak yang ada di pantai uluwatu ini sangat menantang para peselancar untuk berselancar di sini. Sehingga bagi para peselancar, Uluwatu menjadi objek wisata favorit mereka.
Inilah objek wisata Pura Luhur Uluwatu yang ada di Uluwatu. Selain sebagai pura untuk tempat peribadatan, Pura ini juga mampu menjadi objek wisata karena pemandangan yang ada, laut yang juga menantang dan pertunjukan tari Kecak. Tentu aja, dengan semua ini, Uluwatu bisa dijadikan sebagai salah satu objek wisata andalan yang ada di Bali. Para wisatawan akan terpikat untuk selalu berkeinginan datang ke Pura Uluwatu.

Bagi anda yang membutuhkan layanan sewa mobil di Bali bisa klik link di bawah ini